Rumah Pintar Peninggalan Ibu Negara Ani Yudhoyono

indonesiasatu, 01 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MALANG - Usai Rakornas Perkumpulan Pengelola Rumah Pintar Nasional (P2RPN) di Surabaya, Mantan ibu PanglimanTNI Murniati Widodo AS bersama pengelola Rumpin se Indonesia melaksanakan kunjungan ke Rumah Pintar yang didirikan Ibu Ani Yudhoyono (alm), Sabtu (30/11/2019).

Rumpin bernama Cakra Cendekia 2 tersebut  merupakan bagian dari Batalyon Kesehatan 2 Divisi Infanteri 2 Kostrad, berlokasi di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Menurut Kepala Pengelola Rumpin Serma Masyhuriah, Rumah Pintar ini berdiri pada 13 Oktober tahun 2008, hasil ide mulia dan rasa kepedulian yang tinggi dari ibu negara Ani Yudhoyono kala itu.

Ide ini muncul setelah terjadi gempa tsunami Aceh yang menyebabkan anak anak tidak bisa mengenyam pendidikan, karena keprihatinan beliau melihat situasi, kondisi yang demikian, selanjutnya Ibu Ani, Istri Presiden SBY mendirikan beberapa Rumah Pintar, salah satunya di Mayonkes 2 / Divif 2 Kostrad.

Standar Rumah pintar yang diinginkan beliau 5 Sentra Indoor, yaitu Sentra Perpustakaan, Sentra Komputer, Sentra Panggung, Sentra Griya, dan Sentra bermain.

Untuk Batalyon Kesehatan kami menambahkan Sentra Konsultasi yang bertujuan menerima konsultasi pengunjung saat mengalami masalah dan keluhan kesehatan.

Dalam prosesnya, Rumpin Cakra Cendekia 2  membuat terobosan, sebagai pusat edukasi anak sekaligus memiliki nilai ekonomis yang bermanfaat menopang biaya operasional Rumpin Mandiri.

Pengembangan tersebut diwujudkan dengan Sentra out door meliputi ketahanan pangan, Kita menanam dan mengedukasi anak untuk mencintai tanaman, salah satunya menanam bibit cabe merah, kami sediakan tanahnya, polybag dan tempat menanam.

Kita juga mengajarkan anak anak mencintai hewan, Di kepemimpinan Danyonkes 2 Kostrad Letkol Ckm dr Djeffri Frederik L,Sp.An, M.Kes telah memiliki satwa rusa, keberadaanya sangat digemari anak anak, juga bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Melatih motorik mereka, olahraga Outbond dengan berbagai permainan merangkak, berayun, memanjat, juga berenang sambil menangkap ikan menjadi edukasi penting bagaimana mereka bisa mandiri, melatih kerjasama dan kebersamaan,
papar masyhuriah dengan semangat.

Inovasi produk unggulan Rumpin adalah peternakan ayam dan penetasan telur itik bekerjasama dengan peternak bebek. Dari kegiatan tersebut Rumpin bisa terus maju, berkembang dan juga menjadi salah satu  Rumpin percontohan di Indonesia,
lanjutnya...

Disela studi banding, Pengurus pusat  P2RPN, Deden mengakui Rumpin Cakra Cendekia 2 Yonkes 2/Divif 2 Kostrad memiliki fasilitas lengkap dan patut menjadi percontohan.

Dikatakan oleh Deden, "Sebetulnya ini bukan tehnologi yang sulit, mudah mudahan dengan pembelajaran ini Pengelola Rumpin di seluruh Indonesia bisa mengaplikasikannya sesuai kemampuan dan kondisi daerah masing masing.

Iapun menyebut sentra produk unggulan yang perlu diadopsi adalah bidang outdoor seperti pertanian, pemeliharaan unggas dan juga penetasan telur itik yang mungkin belum terpikir di Rumpin yang lain.

Terlebih dari kegiatan tersebut memiliki nilai ekonomis yang bisa menopang operasional kegiatan Rumpin, itu sangat luar biasa, puji Deden.

Mudah mudahan sesuai amanat penasehat dan pembina P2RPN,Rumpin di Malang ini bisa terus dipertahankan, berinovasi dan berkarya, lanjutnya. Yudi/Ririn.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu