Studi Banding P2RPN ke Rumah Pintar Cakra Cendekia 2 Yonkes /YBH/2 Kostrad

indonesiasatu, 01 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MALANG -  Memiliki produk unggulan, Rumpin Cakra Cendekia Yonkes 2/ Divif 2 Kostrad menjadi tujuan studi banding Perkumpulan Pengelola Rumah Pintar Nasional (P2RPN)  yang digawangi penasehat dan pembinanya, Mantan Ibu Panglima TNI tahun 1999 - 2002   Murniati Widodo AS, Sabtu (30/11/2019).

Kunjungan mantan Ibu Panglima TNI era SBY bersama 50 orang pengelola seluruh Indonesia tersebut diterima langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP, M.Si, M.Tr (Han) beserta istri, didampingi Danyonkes 2 Kostrad Letkol Ckm dr Djeffri Frederik L,Sp.An,M.Kes.

Hadir pula pejabat Divisi 2 Kostrad, pengelola Rumpin Cakra Cendekia 2 dan Tim, serta anak anak TK Kartika.

Disela kunjungannya, penasehat dan pembina P2RPN Murniati Widodo AS mengatakan pada media, "melihat penetasan telur itik menjadi meri (anak bebek), saya berharap hal tersebut bisa dikembangkan semua rumah pintar.

Termasuk outbond yang memiliki ciri khasnya, juga pengembangan batik dan kerajinan sebagai produk UKM, jelasnya.

Kepada indonesiasatu.co.id, Ketua Rumpin Ane Russet Rumambi mengatakan, "Kedatangan Ibu Murniati Widodo AS melihat sentra sentra unggulan yang bisa dijadikan pembelajaran bagi rumpin lainnya di seluruh Indonesia.

Yang membedakan Rumpin Cendekia dengan yang lain adalah sentra outdoor, Kita memiliki sentra ketahanan pangan, sentra satwa rusa, sentra peternakan ayam dan juga penetasan telur itik.

Ada juga outbond dan foto boot bersama anak anak TK yang memakai baju Army sebagai kenang kenangan.

Ibu Pangdivif 2 Kostrad, Ria Tri Yuniarto berharap kunjungan itu menjadi inspirasi bagi rumah pintar seluruh Indonesia, khususnya pengelolaan area out door.

Kenapa? untuk mendiidk anak lebih cinta pada tanaman, cinta pada hewan dan melatih kemandirian mereka.

Ibu 2 anak yang mengaku telah mendampingi Panglima Divisi sejak 1 nopember 1995 itupun mendetailkan, disisi lain Rumpin yang telah menjadi percontohan ini juga bisa menghasilkan nilai tambah dalam segi ekonomi untuk menopang operasional Rumpin mandiri.

Setelah mencontoh dan bisa menerapkan didaerah masing masing, Rumpin bisa terus berkembang dan berkarya sesuai pesan dan harapan mantan Ibu Panglima TNI, kata Ria Tri Yuniarto, istri Pangdivif 2 Kostrad yang memiliki nama asli Endang Nuriayani  kelahiran Magelang.

Danyonkes juga menyatakan, "kami sangat bangga atas kedatangan penasehat dan pengelola rumah pintar nasional beserta pengelola rumpin seluruh Indonesia yang menjadikan Rumpin Cakra Cendekia 2 sebagai proyek percontohan.

Kami sudah menambah beberapa wahana di outbond, sentra satwa rusa, dan foto boot, Semoga kedepan Rumpin bisa berkembang lebih baik lagi seiring perkembangan teknologi ,ujar Danyonkes. Yudi/Ririn

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu