Yonkes 2/Divif 2 Kostrad dan BPBD Kota Batu Selenggarakan Penataran dan Pelatihan Evakuasi Medan Sulit (EMS)

indonesiasatu, 01 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MALANG - Satuan Yonkes 2/Divif 2 Kostrad bekerjasama dengan BPBD Kota Batu menyelenggarakan Penataran dan pelatihan Evakuasi Medan Sulit (EMS) dengan tema "Vertical Rescue Dasar" bertempat di Mayonkes, Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Jumat (30/11/2019).

Danyonkes 2/Divif 2 Kostrad, Letnan Kolonel Ckm dr. Djeffri Frederik L, Sp. An, M.Kes menjabarkan, "Medan sulit dapat diartikan sebagai medan yang tidak dapat ditempuh dengan cara biasa seperti berjalan kaki, sehingga diperlukan teknik khusus dan peralatan khusus dalam penanganannya.

Contoh dari medan sulit di sini adalah lereng curam, jurang, tebing, gua, sungai berdinding terjal, bangunan bertingkat, menara/tower, sumur.

Sebab itu pelatihan EMS sangat diperlukan bagi anggota Satjar Divif 2 Kostrad, khususnya anggota dengan keahlian khusus Bidang Medis di satuan masing - masing

Dalam penataran tersebut peserta diberikan pembekalan vertical Rescue Dasar meliputi Safety Procedure, prinsip pemindahan beban, naik dan menurunkan Beban serta pengenalan perlengkapan Vertical Rescue.

Pada pelaksanaan pelatihan, peserta diberikan kesempatan mempraktekan langsung di medan evakuasi medan sulit (EMS) yang sebenarnya, yaitu pada lokasi tebing curam, menara dan sungai berdinding terjal.

Tujuan Penataran dan Pelatihan EMS ini guna membekali para anggota Satjar Divif 2 Kostrad terutama yang mempunyai keahlian medis disatuannya agar bisa berperan penting dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pada saat latihan maupun di medan tugas, ulas pimpinan Batalyon Kesehatan 2/Divif 2 Kostrad, yang juga seorang atlet Paralayang, Letnan Kolonel Ckm dr. Djeffri Frederik L, Sp. An, M.Kes .Yudi/Ririn//Penyonkes2

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu